6.29.2014

IDE-IDE SEDEKAH

Bookmark and Share


“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai:tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah, 2: 261)

"Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya." (HR. Ahmad)

“Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Karena sedekah memerlukan inisiatif yang kreatif, berikut adalah beberapa ide sedekah yang bisa kita lakukan kapan saja tentunya, apalagi di bulan Ramadhan:

1. Belilah mushaf (Al-quran) letakkan di salah satu masjid, dan bayangkan berapa pahala yang akan kamu dapatkan pada setiap huruf yang mereka mau membacanya.

2. Atau jika ada waktu luang, ajak anak-anak, adik, kakak dan teman-teman membagikan kurma dan air mineral di pinggir jalan raya, berikan pada penumpang angkot yang mungkin tidak sempat berbuka di rumah.

3. Sisihkanlah dari hasil upah jerih payahmu, sedikit untuk disumbangkan untuk berbuka bersama anak yatim, dhuafa, para penghuni panti jompo, penjara atau saudara kita yang terabaikan.

4. Belilah sekantong plastik kaos tangan dan kaos kaki, agar bisa diberikan kepada para pekerja.

5. Letakkanlah di kamarmu sebuah kotak, dimana setiap kali kamu merasa melakukan dosa, masukkan uang receh 3-5 ribu ke dalamnya, jika sudah genap 1 bulan, buka kotak itu, dan besedekahlah dengan uang tersebut. Ini juga bisa dilakukan tiap bulannya.

6. Letakkan meja kecil di depan pagar rumah atau di pinggir jalan yang biasa orang berlalu lalang, letakkan di atasnya air mineral dan kue-kue untuk berbuka. Beri tulisan "silahkan ambil gratis untuk berbuka".

7. Belilah beberapa kursi, kemudian letakkan di dalam masjid. Supaya mendapat pahala setiap orang yang ingin memakainya saat sholat (sering didapati di masjid-masjid Arab Mekah dan Madinah).

8. Belilah beberapa buah sandal jepit plastik atau bakiak kayu, letakkan di sekitar masjid. Agar para jamaah dapat menggunakannya saat akan berwudhu. Dan anda akan menikmati pahala dari setiap orang yang memakainya.

9. Letakkanlah di jendela kamarmu segelas air atau makanan untuk burung-burung kecil yang datang hinggap disana.

10. Jika kamu mengisi bensin, kemudian datang petugasnya ingin mengembalikan uang receh sisa bensin, tanyakan apakah dia muslim? Jika ia, biarkan sisa uang itu untuknya sebagai bentuk sedekah, jika bukan seorang muslim, tetap berikan dengan niatan semoga dia cinta kepada agama Islam dan masuk ke dalamnya.

11. Lemparkanlah senyum kepada orang yang kamu temui, berilah salam kepada orang yang duduk, dan bertuturlah dengan ucapan yang baik karena semuanya adalah sedekah.

12. Berikanlah kabar gembira kepada setiap muslim, terkhusus kepada mereka-mereka yang sedang di timpa kesedihan, dengan senyuman dan ucapan doamu yang tulus.

13. Termasuk Sholat Dhuha juga adalah sedekah, sedekah terhadap ruas sendi pada tubuh manusia. Bentuk nikmat syukur terhadap tubuh yang telah melakukan aktivitas, maka sedekahnya adalah sholat dhuha.

”Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Maka setiap ucapan (Subhanallah) sedekah, dan tiap ucapan (Alhamdulillah) sedekah, dan tiap ucapan (La ilaha ilallaah) sedekah dan tiap ucapan (Allahu Akbar) sedekah, dan menganjurkan kebaikan dan mencegah dari munkar adalah sedekah, dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha.” (HR. Muslim)

”Orang-orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.” (QS Al Baqarah, 2: 274)

“Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu amal sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat bagi manusia, dan anak saleh yang mendoakannya.” (HR Muslim).

“Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR Bukhari).

Tiap muslim wajib bersodaqoh. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi Saw menjawab, “Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedekah.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Mari bersedekah, minimal salah-satunya atau sedekah yang lainnya ada yang kita lakukan, dan semoga kita semua diberikan oleh Allah SWT pahala karenanya, aamiin..

Semoga bermanfaat,
Baarokallaahu fiikum

1 komentar:

luceline chandra mengatakan...

YUK JOIN SITUS POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA WWW.ROYALFLUSH99.COM BURUAN GABUNG...

Posting Komentar

Comment Please...

Design by Chandra Nugraha.
Copyleft®2010 by ube17 || supported by andra-ulatbulu